Minggu, 09 Agustus 2015

Sumber Daya Manusia

Penyuluhan Peternakan tentang pembuatan pakan alternatif guna untuk penggemukan sapi

Penyuluhan 1, pembuatan KONE KonsentratNeroh


Neroh merupakan salahsatu desa di Kecamatan Modung yang memiliki potensi, karakteristik  serta latar belakang masyarakat yang unik. Salah satu potensi dan keunikan masyarakat Desa Neroh yakni mata pencaharian masyarakat yang mayoritas adalah peternak sapi dan juga petani. Jual beli sapi adalah mata pencaharian  masyarakat Desa Neroh yang artinya penggemukan sapi merupakan tujuan utama masyarakat.
managemen peternakan yang dilakukan oleh masyarakat masih dilakukan secara tradisional terutama managemen pakan yang dilakukan oleh masyarakat. Jika dilihat dari segi biaya investasi yang dikeluarkan oleh masyarakat untuk melakukan kegiatan beternak sapi , keuntungan yang didapat oleh masyarakat masih jauh dari yang diharapkan karena investasi yang dikeluarkan oleh masyarakat masih cukup besar.
Hijauan berupa rumput adalah pakan yang biasa diberikan oleh masyarakat untuk peternakan sapinya. Sementara itu, pada musim kemarau masyarakat harus susah payah untuk mendapatkan hijauan rumput. Untuk itu perlu alternative bagi masyarakat dalam pemenuhan pakan khususnya dimusim kemarau. Selain itu, permasalahan yang dihadapi masyarakat adalah pakan yang kurang mengandung nutrisi sehingga sulit mencapai tujuan penggemukan sapi.
Pakan alternative dan pakan tambahan yang bernutrisi tinggi merupakan solusi yang dibutuhkan oleh masyarakat untuk mencapai tujuan penggemukan sapi.  Amoniasi adalah solusi pertama yang ditawarkan untuk mengatasi maslah kekurangan pakan di musim kemarau dngan memanfaatkan limbah jerami padi yang banyak dijumpai di desa-desa khususnya Desa Neroh. Pembuatan konsentrat dari bahan-bahan alami yang mudah didapat merupakan solusi kedua untuk memenuhi nutrisi sapi, melalui penerapan pakan tambahan konsentrat ini diharapkan tujuan masyarakat tercapai  dan biaya investasi pakan yang dikeluarkan lebih ekonomis dan hemat.
Nama Kegiatan : Penyuluhan Peternakan
Tema Kegiatan            : Managemen pakan dalam kegiatan penggemukan sapi di Desa Neroh Kecamatan Modung Bangkalan
Tanggal : 04 dan 08 Agustus 2015
Jam : 10.00 WIB – 13.00 WIB
Tempat : Musholla dan Posko KKN UTM 72
 Desa Neroh, Kec. Modung Kab. Bangkalan
Dalam pelaksanaan kegiatan ini ada beberapa tahap yaitu :
Pembukaan
Sambutan  dari sekretaris desa (pak carik))
Penyuluhan peternakan oleh pemateri tentang pakan amoniasi dan pakan alternatifkonsentrat.
Tanya jawab.
Penutup
Praktek pembuatan pakan amoniasi dan pakan alternatifkonsentrat.
Tanggal : 04 dan 08 Agustus 2015
Lokasi : Musholla dan Posko KKN UTM 72
Desa Neroh, Kec. Modung Kab. Bangkalan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar